RIBUAN ORANG SEMARAKKAN PESONA GONDANGLEGI KE 6 TAHUN 2017

RIBUAN ORANG SEMARAKKAN PESONA GONDANGLEGI KE 6 TAHUN 2017

0 77

IMG_3959 IMG_3974 tahun-ke-6-pesona-budaya-gondanglegi_20171111-112531 IMG_4015 IMG_4021 IMG_4036 IMG_4045 IMG_4059 IMG_4063IMG_4080IMG_4091IMG_4112IMG_4114IMG_4141IMG_4145IMG_4157IMG_4162IMG_4166IMG_4169IMG_4178IMG_4194IMG_4231IMG_4242IMG_4258

 

GONDANGLEGI – Tahun 2017 merupakan tahun ke-6 dalam perayaan event tahunan Pesona Budaya Gondanglegi yang pagi ini, Sabtu (11/11) langsung dibuka oleh Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna di Panggung Kehormatan tepatnya di Depan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Gondanglegi, Jl. Raya Putat  Lor. Hadir dalam keramaian perayaan tersebut, Wakil Bupati Malang, Wakapolres Malang, Genk Wahyudi, Dra. Kamti Astuti  (ex. Camat Gondanglegi sekaligus sebagai Pelopor Pesona Budaya Gondanglegi), dan Kepala Bank Jatim.

Pesona Budaya Gondanglegi yang biasa dikemas dalam bentuk pawai ini sudah menjadi ciri khas tersendiri bagi wilayah setempat. Selain menjadi icon dan merupakan tujuan wisata baru, agenda tahunan tersebut sebagai salah satu event yang dibina oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Malang. Selain itu, tradisi tahunan ini bertujuan untuk menggali potensi dan kreatifitas masyarakat setempat terutama generasi muda agar gebyar budaya tersebut menjadi icon yang dapat ditonjolkan.

Tidak hanya itu, acara tahunan ini mampu menjadi wadah kesejahteraan UKM khususnya di Kecamatan Gondanglegi misal para UKM meraup keuntungan yang besar dalam perayaan ini. Seperti juga banyaknya kecamatan/kota lain (Malang Raya) yang menyewa atau membeli kostum karya masyarakat Gondanglegi dengan maksud menjadi kebanggaan tersendiri terhadap budaya lokal untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bupati mengapresiasi kegiatan yang sudah bertahun-tahun diselenggarakan
Rakyat Gondanglegi ini. “Acara rutin Pesona Gondanglegi ini sudah berjalan hingga sekarang dan semoga untuk seterusnya. Saya melihat antusias masyarakatnya dari tahun ke tahun semakin meningkat dan saya betul-betul mengapresiasi dan ikut senang, rakyat Gondanglegi ini  merupakan cerminan masyarakat yang pandai bersyukur,” ungkap Bupati.

Menurutnya, kegiatan kepariwisataan ini mampu menciptakan gerakan maupun aktivitas khususnya bagi perekonomian rakyat. “Bisa kita lihat bersama bagaimana antusias masyarakatnya memberikan peluang kepada pedagang kecil ataupun UKM nya dalam memasarkan barangnya. Maka tidak salah jika melalui kepariwisataan terciptalah ekonomi kreatif,” jelas Bupati saat ditemui awak media.

Untuk itu, ia mengharapkan Pesona Gondanglegi ini sebagai bentuk memelihara budaya seni tradisional untuk terus memacu semangat anak-anak muda agar tidak melupakan kebudayaan lokal yang bisa memberikan inspirasi khususnya dalam menjaga persatuan dan kesatuan. Apalagi yang menyaksikan tidak hanya dari lingkup Gondanglegi saja tetapi juga dari luar provinsi, jadi kreasi anak Gondanglegi bisa dikenal hingga tingkat nasional sekalipun.

Ia juga berpesan bahwa ajang kreatifitas anak Gondanglegi yang tiap tahun ini selalu dipelihara sebagai kebudayaan bangsa. “Jaga keamanan dan ketertiban sepanjang jalan hingga finish, dukung dan sukseskan event Gondanglegi ini, perlu diketahui bahwa Pesona Budaya Gondanglegi ini sudah kami daftarkan ke Kementerian Pariwisata sebagai warisan budaya Indonesia. Teruslah berinovasi dan berkreasi, pertahankan nilai seni di bumi Arema!” ajak Bupati diakhir sambutannya.

Sementara itu, menurut Yanen Fredy selaku ketua panitia mengatakan jumlah peserta yang mengikuti pawai pesona budaya sebanyak 39 kelompok dengan jumlah keseluruhan 4.201 personil dan dibagi menjadi dua kategori yakni pesona dan budaya yanh nantinya akan diseleksi oleh panitia sebagai penampilan terbaik.

“Kami sampaikan terima kasih atas support, dukungan moral spiritual serta partisipasi para peserta pawai, selain dari lingkup Gondanglegi sendiri ada juga dari kecamatan lain yang turut berpartisipasi yakni tiga kelompok perwakilan dari Kepanjen, Bantur, dan Pagelaran,” jelasnya.

Usai dibuka oleh Bupati Malang,  dilanjutkan dengan penampilan pembukaan dari Ampel GOC (Gerakan Ontel Club) diikuti oleh peserta berikutnya dari Paskibra SMK Mutu Gondanglegi dan disusul peserta lainnya. Pertunjukkan pawai ini disaksikan oleh masyarakat sekitar yang memadati barisan penonton mulai titik start hingga finish. Dan di titik finish, Wakil Bupati Malang berkesempatan menyerahkan piala partisipasi kepada peserta dari SMK Mutu Gondanglegi.

 

Comments are closed.