Detail Berita

PROFIL KECAMATAN GONDANGLEGI

Kecamatan Gondanglegi merupakan kecamatan yang terletak di wilayah Kabupaten Malang. Kecamatan ini terdiri dari 14 desa, 31 dusun, 59 RW, 385 RT.

Ke-14 desa di kecamatan ini adalah:

  1. Gondanglegi Kulon
  2. Gondanglegi Wetan
  3. Putat Kidul
  4. Sepanjang
  5. Putat Lor
  6. Urek- Urek
  7. Ketawang
  8. Putukrejo
  9. Sumberjaya
  10. Bulupitu
  11. Ganjaran
  12. Panggungrejo
  13. Sukorejo
  14. Sukosari 

Secara administratif, Kecamatan Gondanglegi dikelilingi oleh kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Malang. Di sebelah utara, Kelurahan Gondanglegi berbatasan langsung dengan Kecamatan Bululawang. Sedangkan di sebelah timur, kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Turen. Di sebelah selatan, Kecamatan Gondanglegi berbatasan dengan Kecamatan Pagelaran. Lalu, di sebelah barat, Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Kepanjen.

Gondanglegi dipimpin oleh seorang Camat. Dalam mengemban tugasnya sehari-hari, Camat Gondanglegi dibantu oleh beberapa staf. Untuk mengurus administrasi kependudukan, warga setempat bisa datang ke Kantor Kecamatan Gondanglegi yang beralamatkan di Jl. Diponegoro No. 76 Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang 65174. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor telepon kantor 0314-879209, mengirimkan email ke gondanglegi@malangkab.go.id atau melihat laman resminya di http://gondanglegi.malangkab.go.id/.

Wilayahnya yang berbatasan langsung dengan ibukota Kabupaten Malang, yakni Kepanjen, membuat Gondanglegi menjadi salah satu wilayah penyangga perkembangan pembangunan daerah tersebut. Tak heran jika perkembangan kecamatan ini seiring sejalan dengan perkembangan Kepanjen.

Berdasarkan laman resminya, Kecamatan Gondanglegi memiliki luas wilayah 6.584,44 Ha. Secara geografis, wilayah kecamatan ini berada pada daerah Malang bagian selatan Keadaan permukaan tanahnya datar mencapai 100 persen dari seluruh luas wilayahnya, termasuk Satuan wilayah Pengembangan (SWP) Kepenjen.

Jumlah penduduk Kecamatan Gondanglegi sampai dengan Februari  2020 sebanyak 99.106 jiwa yang terdiri dari 49.791 orang laki-laki dan 49.315 orang perempuan.

Tata ruang kecamatan ini masih menggunakan tata ruang peninggalan penjajag Belanda. Gondanglegi dahulunya merupakan kompleks perkebunan kekuasaan Belanda. Perkebunan itu saat ini sudah mengalami perkembangan dengan didirikannya desa-desa. Peninggalan Belanda tampak pada rel-rel di tepian jalan yang dulunya dipakai sebagai jalur lori untuk mengangkut tebu dari perkebunan menuju Pabrik Gula Krebet Baru.

 

Berita Lain